Erdogan Inginkan Kerjasama Perdagangan dengan Indonesia Lebih Erat

1 November 2021

Presiden RI Joko Widodo didampingi Menko Airlangga Hartarto bertemu dengan Presiden Turki untuk menjalin kembali hubungan kedua negara di bidang perdagangan

KALTIM.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengingkan hubungan bilateral dengan Indonesia agar lebih erat di berbagai bidang. Termasuk di sector perdagangan kedua negara. Pernyataan tersebut diungkapkan Erdogan Ketika melakukan pertemuan di Roma Italia.

Sejau ini di sektor perdangangan, Turki menjadi negara potensial untuk pasar crude palm oil (CPO) Indonesia. Namun, semenjak adanya Pandemi, permintaan CPO dari Turki mengalami penurunan.

Pada pertemuan tersebut, Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menawarkan kembali crude palm oil (CPO) Indonesia.

“Kami mengharapkan hubungan perdagangan ini meningkat kembali melalui akselerasi Indonesia-Turki Comprehensive Economic Partnership Agreement (IT CEPA),” ujarnya dalam keterangan pers virtualnya usai mendampingi Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Roma, Italia belum lama ini.

Terkait dengan Indonesia-Turki CEPA, kita ketahui bersama sebelumnya CPO Indonesia punya pasar besar di Turki. Namun, pasar ini turun sehingga untuk mengembalikannya kita perlu akselerasi.

Airlangga mengatakan bahwa pada kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan akan menugaskan Menteri Perdagangan RI untuk menangani persoalan tersebut.

Komentar

VIDEO TERKINI