China Mulai Batasi Pembangunan Gedung Pencakar Langit, Sebab Ini…

28 Oktober 2021

Ilustasi Gedung-gedung Pencakar Langit di Cina

KALTIM.FAJAR.CO.ID, BEIJING – China telah membatasi kota-kota kecil di negara itu untuk membangun bangunan super tinggi atau gedung pencakar langit, sebagai bagian dari upaya untuk memecahkan proyek-proyek kesombongan.

Kota-kota dengan populasi kurang dari tiga juta orang akan dilarang membangun gedung pencakar langit yang lebih tinggi dari 150 meter (492 kaki).

Mereka yang memiliki populasi lebih besar dari itu akan dibatasi dari bangunan yang lebih tinggi dari 250 meter. Sudah ada larangan untuk bangunan yang lebih tinggi dari 500 meter.

Cina adalah rumah bagi beberapa bangunan tertinggi di dunia – termasuk Menara Shanghai 632m dan Pusat Keuangan Ping An 599,1m di Shenzhen.

Laporan media setempat mengatakan bahwa sementara gedung pencakar langit mungkin dibutuhkan di kota-kota padat seperti Shanghai dan Shenzhen. Sementara tidak ada kekurangan lahan di kota-kota lain, gedung-gedung itu sebagian besar dibangun untuk alasan kesombongan.

Awal tahun ini, ratusan orang melarikan diri ketika gedung pencakar langit setinggi 350 meter – SEG Plaza di kota Shenzhen – mulai bergoyang.

China semakin menindak proyek-proyek kesombongan yang mahal, mengkritik obsesi pengembang lokal untuk membangun gedung-gedung yang menarik. Awal tahun ini negara itu mengeluarkan larangan “arsitektur jelek”.

“Kami berada dalam tahap di mana orang terlalu terburu-buru untuk menghasilkan sesuatu yang benar-benar dapat dicatat dalam sejarah,” kata Zhang Shangwu, wakil kepala Sekolah Tinggi Arsitektur dan Perencanaan Kota Universitas Tongji sebelumnya kepada South China Morning Post.

Komentar

VIDEO TERKINI