Jamiluddin Ritonga: Presiden Jokowi Lebih Aman Mengganti Moeldoko Dibandingkan Mahfud MD

16 Oktober 2021

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko

KALTIM.FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun diprediksi akan masuk kabinet Indonesia Maju menggantikan posisi KSP Moeldoko.

Hal ini disampaikan pengamat komunikasi politik M Jamiluddin Ritonga, Sabtu (16/10).Menurutnya, Presiden Jokowi lebih aman mengganti Moeldoko daripada Mahfud MD.

Bagi Jamiluddin, merombak posisi KSP wajar mengingat Moeldoko belakangan membuat heboh dengan dugaan keterlibatannya mengusik Partai Demokrat melalui KLB Deli Serdang.

Penobatan Moeldoko sebagai ketua umum versi KLB Deliserdang sudah merusak marwah dan kredibilitasnya di publik.

Selain itu, masuknya Hadi Tjahjanto ke KSP akan lebih baik dibandingkan dengan menggantikan Mahfud MD di Kemenko Polhukam.

“Meskipun Mahfud bukan orang partai, namun dukungan NU sangat kuat. Karena itu, bila Mahfud diganti ada kemungkinan akan mendapat reaksi keras dari NU. Hal itu kiranya tidak diinginkan Jokowi,” tutur pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul ini.

Selain itu, kehadiran Mahfud MD di Kemenko Polhukam sangat diperlukan untuk menjaga demokrasi di tanah air.

Sebab, indeks demokrasi belakangan ini terus menurun, sehingga membuat khawatir akan kelangsungan demokrasi di tanah air.

“Publik akan bereaksi keras bila Menko Polhukam diisi sosok yang kental dari militer, ini juga tidak diinginkan Jokowi,” tandasnya.

Komentar

VIDEO TERKINI