Slamet Ginting : Letjen Dudung Panglima TNI, Jenderal Andika Masuk Kabinet

14 Oktober 2021

Jenderal Andika Perkasa

KALTIM.FAJAR.CO.ID – Hingga saat ini, Presiden Joko Widodo belum juga mengirimkan nama calon Panglima TNI ke DPR RI. Padahal masa pensiun Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tinggal menghitung hari.

Tepatnya pada November 2021. Yang menarik, Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurrachman disebut-sebut berpeluang menjadi Panglima TNI.

Pengamat Komunikasi Politik dan Militer Universitas Nasional (Unas) Jakarta, Slamet Ginting menyebut pergantian Panglima TNI diduga kuat diwarnai dinamika politik.

Ada tarik menarik kepentingan di balik suksesi orang nomor satu di jajaran TNI. Dia memprediksi Jokowi akan melakukan reshuffle kabinet pada bulan ini.

“Dalam reshuffle kabinet nanti, apakah ada dari tiga kepala staf angkatan atau Panglima TNI masuk ke jajaran kabinet atau tidak. Jika ada, ini akan mempengaruhi,” ujar Slamet dikutip dari akun YouTube Hersubeno Point, Rabu (13/10).

Menurutnya, Jokowi akan bertanya ke sejumlah orang untuk mencari calon Panglima TNI. Sepeti kepada Megawati Soekarnoputri dan Luhut Binsar Pandjaitan. Selanjutnya orang yang diajak bicara adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Sebab, Panglima TNi akan bekerja sama dengan Menhan. Setelah itu, Jenderal TNI (purn) Wiranto yang kini di Wantimpres.

Pergantian Panglima TNI, lanjut Slamet, terkait dengan rencana proses pergantian kepemimpinan di 2024. Dalam berbagai survei, ada empat tokoh militer yang digadang-gadang sebagai capres.

Mereka adalah Prabowo Subianto, Agus Harimurti Yudhoyono, Gatot Nurmantyo dan Andika Perkasa. “Nah, posisi Andika Perkasa ini menjadi tanda tanya. Apakah akan diplot menjadi Panglima TNI atau masuk dalam kabinet,” paparnya.

Jika suara Andika Perkasa terus mencuat di survei, bukan tidak mungkin dirinya akan menjadi kandidat kuat sebagai cawapres Puan Maharani. Sebab, jika Puan disandingkan dengan Prabowo Subianto, maka Puan akan menjadi nomor dua.

“Kalau dengan Gatot dan AHY kayaknya tidak mungkin. Jadi kemungkinannya dengan Andika Perkasa. Ini yang menjadi tarik menarik kepentingan,” terangnya.

Komentar

VIDEO TERKINI