Jokowi: Kaltara Bulan Depan Akan Bangun Kawasan Industri Hijau Pertama di Dunia

14 Oktober 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

KALTIM.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bahwa pemerintah akan mulai membangun Green Industrial Park pertama di dunia. Kawasan industri hijau ini kelak berlokasi di Kalimantan Utara, yang akan mulai dibangun pada bulan depan.

Kawasan ini akan memiliki luas 20.000 hektar. Untuk menopang kebutuhan, sumber energinya nanti berasal dari Sungai Kayan yang terletak di Kalimantan Utara.

Kawasan industri ini nantinya akan menaungi sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor energi baru terbarukan (EBT). Dengan begitu, produk yang dihasilkan bakal mengusung prinsip ekonomi hijau dan ramah lingkungan.

“Bulan depan kita juga mulai membangun Green Industrial Park, dengan produk keluarannya adalah produk hijau, energinya adalah energi hijau,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, ditulis Kamis (14/10/2021).

Menurut Jokowi, dalam waktu 10 tahun ke depan, Uni Eropa hingga Amerika sudah memulai untuk tidak membeli barang hasil energi tidak terbarukan. Misalnya dari industri dengan bahan bakar batubara.

Komentar

VIDEO TERKINI