5 Teh Herbal, Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Oktober 2021

Ilustrasi teh hitam. Foto: Pixabay

KALTIM.FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DIABETES disebabkan oleh naiknya kadar gula darah secara berlebihan di dalam tubuh.

Untuk mengelola kadar gula darah mereka, penderita diabetes dianjurkan untuk melakukan beberapa diet. Selain itu, penderita diabetes juga harus menghindari makanan manis, karbohidrat dan lainnya.

Jika Anda suka minum teh, ada beberapa teh herbal yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Teh hibiscusTeh hibiscus benar-benar bisa membantu mengurangi kadar gula secara alami. Hibiscus memiliki kandungan dengan kebaikan polifenol, antioksidan seperti asam organik dan anthocyanin, yang membantu mengurangi peradangan.Bisa juga meningkatkan resistensi insulin, mengelola gula darah dan menurunkan tekanan darah.

2. Teh hijauMinum teh hijau setiap hari bisa mengurangi peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh, karena adanya antioksidan dan juga bisa membantu dalam mengelola kadar insulin.

Menurut penelitian, kehadiran senyawa bioaktif dalam teh hijau yang dikenal sebagai Epigallocatechin Gallate (EGCG) bisa menyebabkan penyerapan glukosa ke dalam sel-sel otot.Ini selanjutnya membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Selain itu, minum teh hijau dua kali sehari juga bisa membantu dalam mengelola berat badan dan secara signifikan mampu mengurangi kadar gula darah.

3. Teh kayu manisRasa manis dan aroma yang unik dari teh ini memang sangat menarik. Teh ini sangat terkenal bagi penderita diabetes karena memiliki sifat antioksidannya.

Komentar

VIDEO TERKINI