MAKI Minta KPK Usut Perkara Lain yang Melibatkan Azis Syamsuddin

27 September 2021

Wakil Ketua DPR Fraksi Golkar Azis Syamsuddin Ditahan (JawaPos.com)

KALTIM.FAJAR.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta mengusut perkara lain yang juga diduga melibatkan mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Sebab, KPK baru menjerat politikus Partai Golkar itu dalam perkara dugaan suap penanganan perkara di Kabupaten Lampung Tengah.

“Saya meminta KPK untuk mengembangkan kasus bukan hanya menyangkut dugaan korupsi di Lampung Tengah, juga rangkaiannya termasuk yang diminta kepada Robin Pattuju,” kata Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), Boyamin Saiman dikonfirmasi, Senin (27/9).

Azis Syamsuddin diduga terseret dalam kasus lain yang juga melibatkan namanya. Perkata itu diduga terkait penanganan perkara di Kabupaten Tanjungbalai yang menjerat Bupati nonaktif Tanjungbalai Muhammad Syahrial; dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) di Lampung Tengah yang menyeret Azis dan politikus Partai Golkar Aliza Gunado dan dugaan pengusutan pencucian uang yang diduga dilakukan mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

Oleh karena itu, Boyamin mengharapkan KPK mencari bukti keterlibatan Azis pada tiga kasus rasuah tersebut. Jika sudah ada bukti, KPK diminta tancap gas melakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Saya pada tataran mendorong KPK untuk menemukan dua alat bukti minimal, dan bisa tiga atau empat termasuk petunjuk rekaman pembicaraan, atau sadapan, atau kloning dari alat komunikasi yang bisa dipakai alat bukti,” harap Boyamin.

Meski demikian, pegiat antikorupsi ini tetap menghormati hak-hak Azis Syamsuddin dalam menyikapi sangkaan KPK. Dia tak mempermasalahkan jika Azis ingin menempuh upaya hukum praperadilan untuk menguji sangkaan KPK terhadap dirinya.

“Menghormati kalau Pak Azis Syamsuddin menempuh upaya praperadilan untuk menguji sah atau tidaknya penetapan tersangka, penangkapan dan penahanan yang dilakukan KPK,” tegas Boyamin.

Azis Syamsuddin menjadi tersangka tunggal dalam kasus dugaan suap penanganan perkara di Lampung Tengah. KPK menduga, Azis menjanjikan uang senilai Rp 4 miliar kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju, tetapi yang baru terealisasi sejumlah Rp 3,1 miliar.

Komentar

VIDEO TERKINI