Pemerintah Targetkan Tol Baru KIPP ke IKN Rampung 2025

17 September 2021

Tol sepanjang 47 km itu akan dimulai dari Bandara SAMS Sepinggan, lalu terhubung ke Kilometer 11 Seksi 1 Tol Balsam dan Jembatan Pulau Balang.

KALTIM.FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Perjalanan dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) ibu kota negara (IKN) baru akan dipersingkat.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyusun kajian pembangunan ruas tol baru. Menghubungkan Bandara SAMS Sepinggan dengan KIPP IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Jika melintasi jalan tol yang direncanakan sepanjang 47 kilometer itu, jarak tempuh dari Balikpapan ke IKN hanya 30 menit. Kajian penyusunan tol alternatif itu sedang dirampungkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR.

Berdasarkan kajian sementara, dari Bandara SAMS Sepinggan akan dibangun jalan pintas menuju Seksi 5 Tol Balikpapan Samarinda (Balsam) di Manggar.

“Jadi tidak melewati Jalan Mulawarman, ada shortcut (jalan pintas) yang tembus di Km 4,5 (Tol Balsam). Enggak lewat gerbang tol (Manggar),” kata Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim Junaidi kepada Kaltim Post, kemarin (15/9).

Dia menjelaskan, nantinya jalan tol sepanjang 47 kilometer itu dimulai dari Bandara SAMS Sepinggan menuju Km 4,5 yang terhubung ke Km 11 (Karang Joang/Seksi 1 Tol Balsam). Setelahnya, akan dihubungkan ke Jembatan Pulau Balang, hingga tembus ke Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU.

“Nanti akan tersambung dengan Jembatan Pulau Balang. Ada interchange-nya (simpang susun). Ada sayapnya nanti di Jembatan Pulau Balang,” ungkap Junaidi.

Mantan kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi ini menuturkan, kajian perencanaan tol alternatif menuju IKN, membutuhkan perencanaan selama setahun. Sehingga, belum diketahui kebutuhan anggaran pembangunan tol sepanjang 47 kilometer itu.

“Setelah desain jadi, baru ketahuan kebutuhan anggarannya. Mudah-mudahan, tahun depan kajiannya sudah selesai. Yang penting adalah mengidentifikasi kendalanya dan daerah rawan yang akan dilewati tol.

Komentar

VIDEO TERKINI