Kak Seto Soroti, Kasus Pencabulan Oknum Dosen di Balikpapan

15 September 2021

Kak Seto. (int)

KALTIM.FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN – Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi ikut menyorot kasus pencabulan yang melibatkan AL (44) dan P (14).

Profesi AL sebagai dosen membuat banyak pihak miris. Belum lagi, AL juga kerap menyuarakan perlindungan untuk perempuan dan anak lewat akun media sosial pribadinya.

“Kasus kekerasan seksual kepada anak selalu membuat kita semua marah. Tapi kita juga mesti membuat langkah pencegahan,” kata laki-laki yang akrab disapa Kak Seto ini.

Soal proses hukum, Seto mengaku sepenuhnya menyerahkan kepada pihak yang berwajib. Begitu juga dengan desakan untuk menghukum kebiri pelaku dan pemasangan chip.

“Kalau bisa ini kan sudah dilaksanakan hukuman kebiri maupun pemasangan chip kepada pelaku. Supaya ke depan tidak ada celah untuk melakukan kekerasan seksual kepada anak-anak,” beber dia.

Seto meminta semua pihak mulai memikrkan langkah pencegahan. Tujuannya, agar kasus serupa tak terulang pada masa depan. Salah satu opsi, adalah membentuk seksi perlindungan anak di tingkat RT maupun RW.

Pembentukan seksi khusus ini, kata Seto, bisa dilakukan lewat persetujuan kepala daerah. “Kalau di Balikpapan ingin dibentuk pastinya kita mendukung,” katanya.

Komentar

VIDEO TERKINI