Kotawaringin Timur Perpanjang Status Siaga Banjir

14 September 2021

Banjir yang melanda Desa Hanjalipan, Kabupaten Kotawaringin Timur belum surut, Minggu (12/9). (IST/RADAR SAMPIT)

Sebagian besar warga sudah menerima bantuan paket sembako. Hingga saat ini tercatat di Kecamatan Telaga Antang sebanyak 1.086 KK menerima bantuan, Bukit Santuai 862 KK, Mentaya Hulu 2.141 KK, Antang Kalang 420 KK, dan Kotabesi 427 KK sudah menerima bantuan paket sembako.

”Ada dua kecamatan, Tualan Hulu dan Telawang yang belum dilaporkan menerima bantuan. Sedangkan di Kecamatan Parenggean, sebagian warganya dilaporkan sudah ada yang menerima. Semua bantuan ini ada yang diperoleh dari Pemkab Kotim, Pemprov Kalteng, dan dari berbagai pihak,” katanya.

Camat Kotabesi Ninuk Muji Rahayu mengatakan, banjir merendam enam desa, di antaranya Hanjalipan, Palangan, Rasau Tumbuh, Simpur, Soren, dan Pamalian. Ketinggian banjir hingga mencapai 2 meter. Namun, dikabarkan genangan banjir sudah mulai surut.

”Cuaca hari ini mendukung. Tidak ada hujan. Hari ini dilaporkan air sudah mulai surut, tetapi masih belum surut habis. Masih ada Desa Hanjalipan, Palangan, Pamalian, dan desa yang lain yang masih tergenang banjir 40-80 cm,” kata Ninuk.

Ninuk menambahkan, banjir telah merendam 954 KK dengan rincian, Desa Hanjalipan sebanyak 427 KK, Palangan 163 KK, Dusun Pamaduan, Desa Pamalian 42 KK, Rasau Tumbuh 140 KK, Simpur 91 KK dan Soren 91 KK. ”Alhamdulillah sebagian besar warga sudah mendapatkan bantuan dari perbankan, komunitas, Pemprov Kalteng, Pemkab Kotim dan berbagai pihak terkait” tandasnya. (Prokal)

Komentar

VIDEO TERKINI