Level PPKM Bisa Turun, Tidak Ada Zona Merah di Kalsel

7 September 2021

Foto: Kaltim.prokal

KALTIM.FAJAR.CO.ID, BANJARBARU – Kasus virus corona di Banua saat ini terus melandai. Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel juga mencatat, saat ini tidak ada lagi kabupaten/kota yang masuk zona merah. Dengan begitu, PPKM level 4 di beberapa daerah kemungkinan akan turun.

PPKM level 4 sendiri berakhir pada Senin (6/9). Ada lima daerah di Kalsel yang menerapkannya, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Hari ini kelima daerah itu menunggu instruksi dari pemerintah pusat apakah PPKM level 4 di daerahnya diperpanjang atau tidak.

Khusus di Banjarbaru, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin optimis PPKM di daerahnya akan turun level. “Insya Allah hari Senin (6/9) sudah tidak diperpanjang lagi status PPKM Level 4. Karena, sudah turun level,” katanya.

Dia mengungkapkan, level PPKM di Banjarbaru diprediksi turun lantaran kasus aktif Covid-19 di daerah ini sudah berkurang signifikan. “Sebelumnya, bisa sampai 1.400 hingga 1.600 kasus aktif. Sekarang tinggal 477 kasus,” ungkapnya.

Lanjutnya, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit juga jauh berkurang. Sebelumnya sempat penuh, sekarang hanya terisi 48 persen. “Sudah kurang dari separuh,” sebut Aditya.

Sementara itu, kasus keseluruhan di Kalsel juga terus menurun. Kemarin (5/9), Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel merilis hanya ada 178 kasus baru yang ditemukan. Sedangkan pasien sembuh mencapai 577 orang.

Dengan tambahan itu, total kasus Covid-19 di Banua saat ini 67.191. Dari jumlah ini, 61.479 di antaranya sembuh dan 3.588 orang masih dirawat. Sedangkan, 2.224 sisanya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muhammad Muslim menuturkan, karena menurunnya kasus, saat ini tidak ada lagi zona merah di Kalsel secara makro (kabupaten/kota). “Tapi kalau level mikro posko di desa atau kelurahan, masih ada zona merah, kuning dan seterusnya,” ujarnya.

Dia berharap, dengan keluarnya daerah dari zona merah, pemerintah pusat dapat menurunkan level PPKM di Kalsel.

“Oleh karena itu, hingga akhir penerapan PPKM level 4 kita harapkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan sehingga angka kasus bisa ditekan dan kita bisa turun level,” paparnya.

Di samping itu, untuk bisa terus menurunkan kasus Covid-19 menurutnya diperlukan adanya komitmen kabupaten/kota dalam meningkatkan testing, tracing dan treatment (3T).

“Testing dan tracing dilakukan untuk menemukan kasusnya, sebelum menyebar ke lain. Setelah itu di-treatment di tempat isolasi,” tuturnya.

Komentar

VIDEO TERKINI