Lima Pelaku Cabul Sempat Ajak Korban Damai, Lalu Melarikan Diri

1 September 2021

Ilustrasi Pencabulan

KALTIM.FAJAR.CO.ID, PENAJAM – Satuan Reskrim Polres Penajam Paser Utara (PPU) telah menetapkan lima orang pelaku cabul di Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Itu lantaran kelimanya telah ditetapkan tersangka setelah sebelumnya diperiksa sebagai saksi kasus pencabulan di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku pada awal Mei 2021.

Kasat Reskrim Polres PPU Iptu Dian Kusnawan Selasa (31/8/2021) menjelaskan, kejadian pencabulan anak di bawah umur tersebut sebelumnya telah ditangani Polsek Sepaku. Dan sempat damai dengan memberikan sejumlah uang kepada korban.

“Soal besaran uang tersebut kami tidak mengetahui. Yang jelas sempat ingin berdamai antara pelaku dan tersangka,” beber Iptu Dian.

Dia memastikan kasus pencabulan itu tetap berlanjut. Reskrim Polres PPU pun menerima limpahan perkara dari Polsek Sepaku. Surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) diterbitkan. Pemeriksaan para pelaku sebagai saksi sempat bergulir.

“Sudah panggilan dua mereka tidak datang, mau kami kasih surat perintah membawa, tapi ke sana sudah tidak ada mereka,” lanjutnya.

Ditegaskan, diversi atau damai tidak bisa dilakukan lantaran ancaman hukuman adalah 15 tahun. Diversi adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana di luar proses peradilan pidana, dan terhadap proses tersebut salah satu syaratnya bila ancaman hukuman di bawah 7 tahun.

Komentar

VIDEO TERKINI