Covid-19 Bukan Penyakit Pernapasan tapi Pembuluh Darah, Picu Stroke…

1 September 2021

Ilustrasi pasien Covid-19. (Chis/JawaPos)

KALTIM.FAJAR.CO.ID – Covid-19 bukan hanya menyerang paru-paru, tetapi bisa menyebabkan pengentalan pembuluh darah bahkan stroke. Karena itu, penelitian baru baru-baru ini mengungkapkan, Covid-19 bukanlah penyakit pernapasan melainkan penyakit pembuluh darah.

Dilansir dari Science Times, Rabu (1/9), Studi yang dipimpin University of California-San Diego menemukan pembekuan darah pada beberapa pasien dan masalah lain. Laporan Times Now menyebutkan, protein S dari virus menyerang reseptor ACE2, merusak mitokondria yang menghasilkan energi sel. Sehingga, merusak endotelium, yang melapisi pembuluh darah.

SciTechDaily sebelumnya melaporkan juga bahwa protein tersebut merusak sel-sel vaskular. Sementara efek pada sistem pernapasan adalah akibat dari peradangan jaringan pembuluh darah di paru-paru.

Menurut asisten profesor Uri Manor, banyak orang menganggap Covid-19 sebagai penyakit pernapasan, padahal sebenarnya penyakit pembuluh darah. Temuan mereka, tambah Manor, bisa menjelaskan mengapa beberapa orang memiliki masalah pembuluh darah tubuh mereka.

Komentar

VIDEO TERKINI