Prose Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan, Begini Kronologinya?

21 Agustus 2021

Tim evakuasi membawa 26 orang warga negara Indonesia dan 7 orang warga negara asing. Mereka telah tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021) dini hari. Foto: MoFA Indonesia

KALTIM.FAJAR.CO.ID – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan proses evakuasi 26 orang warga negara Indonesia (WNI) dan 7 orang warga negara asing (WNA) dari Afghanistan menuju Tanah Air.

Tim evakuasi berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Kabul, Afghanistan, pada Rabu (18/8/2021) pagi sekitar pukul 06.00 WIB.

Awalnya evakuasi dilakukan dengan pesawat sipil, namun di tengah jalan rencana tersebut harus kita sesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah.

“Sesuai koordinasi dengan Panglima TNI, maka diputuskan evakuasi menggunakan pesawat militer,” kata Retno dalam keterangan virtual, Sabtu (21/8/2021).

Selama persiapan koordinasi erat terus dilakukan dengan kementerian maupun lembaga terkait. Semua langkah persiapan terus dilakukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Laporan langsung saya sampaikan kepada bapak Presiden pada 18 Agustus pagi hari,” ujar Retno.

Pesawat TNI Angkatan Udara itu berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada 18 Agustus 2021. “Briefing terakhir dilakukan pukul 04.50 WIB dan saya secara resmi melepas keberangkatan tim,” imbuhnya.

Komentar

VIDEO TERKINI