Taliban Menyambut China, Berkontribusi pada Pembangunan Kembali Afghanistan

20 Agustus 2021

Juru Bicara Taliban, Suhail Shaheen

KALTIM.FAJAR.CO.ID – Taliban menyambut China untuk berkontribusi pada pembangunan kembali Afghanistan. Tiongkok telah memainkan peran konstruktif dalam mempromosikan perdamaian serta rekonsiliasi di Afghanistan, tutur juru bicara Taliban Suhail Shaheen kepada media Pemerintah China, Jumat (20/8/2021).

Taliban merebut kendali selama akhir pekan dalam pergolakan yang membuat ribuan warga sipil serta sekutu militer Afghanistan melarikan diri untuk keselamatan. Banyak yang takut akan kembalinya interpretasi keras hukum Islam yang diberlakukan selama pemerintahan Taliban sebelumnya yang berakhir 20 tahun lalu.

Dalam menghadapi Taliban, China yang semakin kuat mungkin dapat memanfaatkan fakta kalau China tidak berperang di Afghanistan, tidak seperti Rusia serta Amerika Serikat.

“China merupakan negara besar dengan ekonomi serta memiliki kapasitas yang besar- saya pikir mereka dapat memainkan peran yang sangat besar dalam pembangunan kembali, rehabilitasi, rekonstruksi Afghanistan,” tutur Shaheen kepada televisi CGTN dalam sebuah wawancara Kamis (19/8/2021) malam dilansir Reuters melalui Antara.

Komentar

VIDEO TERKINI