Pasca Disidak dan Disegel, Ramai Kafe Urus Izin Usaha

20 Agustus 2021

Salah satu usaha kafe di Banjarbaru yang sempat disegel, kini pelaku usaha kafe dan sejenisnya ramai mengurus izin usahanya. | Foto: Instagram Satpol PP Banjarbaru. (prokal)

KALTIM.FAJAR.CO.ID, BANJARBARU – Puluhan kafe dan usaha sejenis di Banjarbaru sempat disegel. Bahkan, beberapa waktu terakhir sejumlah kafe juga harus tutup sementara. Buntut dari tidak adanya izin operasional dari kafe-kafe ini.

Penyegelan ini sendiri marak dilakukan ketika adanya sidak PPKM sejak kurang lebih dua bulan lalu. Dari razia, selain ditemukan pelanggaran protokol kesehatan, rupanya masih banyak kafe yang belum mengantongi izin.

Melihat fenomena kafe tak berizin ini, Pemkot sudah membentuk Tim Terpadu. Tujuannya untuk membantu percepatan dan memudahkan pembuatan izin usaha. Mengingat usaha kafe di Banjarbaru terus bermunculan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarbaru, Rahmah Khairita menyatakan jika sekarang sudah banyak kafe-kafe ataupun usaha sejenis yang mengurus izinnya.

Diakuinya, bahwa adanya tim terpadu dari lintas SKPD serta beberapa kali ada sidak di lapangan. Hal ini memang berefek kepada inisiatif pelaku usaha untuk mengurus izinnya.

“Jadi memang ada efeknya, cukup banyak pelaku usaha yang kini mengurus izinnya beberapa waktu terakhir,” kata Khairita kemarin.

Dari pemohon ini, Khairita menyebut ada dua kategori. Yang mana kategori pertama adalah mereka yang sempat disidak dan disegel. Sementara kategori lainnya adalah mereka yang berinisiatif untuk segera mengurus izin usahanya.

Komentar

VIDEO TERKINI